Cara Kerja Pesawat Pemancar Radio

Diposting pada

Inilah Cara Kerja Pesawat Pemancar Radio

Cara Kerja Pesawat Pemancar Radio ~ Filament lampu diberi tegangan dan pada titik D diberi tegangan B+ dari P.S.A. Antara titikE dan chasisdipasang 1 lampu pijar 5 Watt.

Setelah filament menyala dan P.S.A. bekerja, maka akan terlihat lampu menjadi pijar lalu menyala kemerah-merahan. Ini berarti pancaran radioitu mengeluarkan RF nya melalui C5.

Apabila lampu pijar tidak menyala, kemungkinan ada kekeliruan dalam pemasangan dan lakukanlah pemeriksaan terhadap lampupemancarnya.Apakah telah terpasang dengan benar atau belum terpasang dengan baik.

Setelah lampu pijar menyala, lampu pijar dilepaskan dari pesawat pemancar radio, lalu dari C5 dihubungkan kawat antenna yang melintang keatas dengan ukuran panjang sama dengan ½ x gelombang pancaran. Baik tidaknya pancaran adalah tergantung dari keadaan antenna.

Yang diuraikan diatas adalah suatu pesawat pemancar radio yang dinamakan Tokcer yang hanya memiliki satu kondensator variabel yang diputarkan menurut frekuensi yang diinginkan.

Cara Kerja Pesawat Pemancar Radio
Cara Kerja Pesawat Pemancar Radio

Cara Cek Pancaran Radio

Adapun besarnya frekuensi yang dipancarkan dapat Anda ketahui pada pesawat penerima radio yang bisa menerima pancaran radio tanpa memakai antenna.

Selanjutnya gerakkanlah jarum skala pada kaca gelombang sampai pada suatu titik atau suatu garis, dimana mata kucingnya (lampu indikator) menutup paling besar. Titik atau garis skala gelombang itulah yang menyatakan gelombang dari pemancar yang sedang bekerja.

Selesailah uraian secara singkat dari pesawat pemancar radio dengan sistem Hartley. Oleh karena keadaan frekuensinya dapat diubah-ubah menurut kehendak, maka pesawat pemancar radiosejenis ini dinamakan pemancar VFO (Variable Frequency Oscilator).

Bila pemancar ini akan digunakan dalam penerimaan telegrafi, maka kunci morsenya dipasang antara chasis dengan titik C.

Selanjutnya : Oscilator Kristal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *