Pemancar Oscilator Kristal

Diposting pada

Pesawat pemancar radio yang memakai Oscilator Kristal sebagai penetap frekuensi merupakan satu pesawat yang lebih mudah dibuatnya dan lebih mudah dikerjakannya. Pada pesawat ini tidak terdapat kondensator variable dan tidak memerlukan pemutaran-pemutaran sebagaimana yang dilakukan pada pesawat-pesawat pemancar Hartley.

Begitu pesawat pemancar radio diberi tegangan (potensial) dari P.S.A. begitu ia akan bekerja dengan frekuensi yang sudah ditetapkan oleh kristalnya.

Sebenarnya Kristal ini sebagai pengganti L (Spul) dan C (Variable Capasitor).

Pemancar Oscilator Kristal

Peralatan Pemancar Oscilator Kristal

Peralatan pesawat pemancar radio ini terdiri dari:

  1. Sebuah Kristal,                                                                            
  2. 5 Buah Kapasitor tetap,
  3. 2 Buah RFC berukuran 2,5 millihenry (mH).

Lampunya dapat digunakan lampu tabung 6V6, 6L6, EL84, lebih baik kalau memakai 807 yang plate (anoda) nya berada diatas tabung. Disengaja agar RF yang terjadi jauh diatas chasisnyatidak banyak terhisap dan hilangke chasis.

Syarat-syarat Pemasangan Peralatan / Komponen

Syarat-syarat pemasangan alat-alatnya seperti pada pesawat pemancar radio sistem Hartley. Oscilator kristalsejenis ini dinamakanoscilator Pierce. Yang bekerja asalkan kristalnya masih aktif (belum mati).

Bahkan pesawat ini dengan memakai lampu kecil digunakan sebagai alat memeriksa hidup tidaknya setiap Kristal, ataupun sebagai pengukur frekuensikristalyang tidak dikenal.

Kekurangan dan Kerugian Oscilator Kristal

Kerugian pesawat pemancar radio Kristal harus diganti kristalnya apabiladiinginkan penggantian frekuensi pemancar. Pengukuran kekuatan pancarannya sana dengan pada pesawat radioV.F.O.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *