Perbaikan Pada Stabilitas Pancaran

Diposting pada

Perbaikan Pada Stabilitas Pancaran ~ Pada artikel yang lalu telah diperkenalkan dengan oscilator VFO Hartley dan oscilator Kristal. Pada oscilator Kristal tak usah disangkal lagi bahwa oscilator tersebut termasuk alat pemancar yang paling stabil keadaan frekuensinya,

Karena frekuensi pancarannya ditetapkan dengan satu alat yang tidak mudah berubah, misalnya karena hawa panas atau dingin dan tak mudah berubah karena sentuhan atau tekanan.

Hanya dengan pengukuran yang amat teliti dapatterlihat adanya perubahan frekuensi yang kecil sekali. Lain halnya dengan oscilator VFO, dimana frekuensinya ditetapkan oleh sebuah spul dan sebuah variable kapasitor.

Spul itu dapat berubah ukurannya akibat panas yang dapat mengembangkan gulungan spul. Spul dapat bergetar, karena sentuhan atau tekanan mekanis. Ditambah pula dengan adanya variable kondensator yang bersambungan dengan spul oscilator.

Diketahui bentuk dari susunan variable kondensator itu terdiri dari keeping-keping logam yang berputar pada as-nya. Keping-keping logam yang tipi situ mudah sekali menerima perubahan suhu panas yang terdapat disekelilingnya, sehingga luas keeping-keping itu selalu berubah.

Perubahan luasnya inilah yang membawa perubahan mengenai kapasitas dari kapasitor itu.

Setiap sentuhan pada bahan variable kondensatoritu sudah tentu akan merubah kedudukan rotornya terhadap statornya, sehingga merubah besarnya kapasitasnya.

Besarnya frekuensi L dan C justru tergantung dari induksi L dengan kapasitas C. Bila salah satu itu berubah, maka besarnya frekuensinyapun akan berubah.

Kesemuanya berarti bahwa frekuensi oscilator akan berubah-rubah dan akibatnya dalam bentuk, maka frekuensi yang akan dipancarkannya tidak akan menjadi stabil.

Akibat frekuensi yang tidak stabil yang dipancarkannya yang akan diterima oleh pesawat penerima radiopun akan berubah-rubah titik penerimaannya.

Suara yang diterima akan hilang timbul, kalau pergeseran frekuensi tidak diikuti dengan jalan selalu memutar jarum radionya. Dengan hal yang demikian itu akan mengecewakan penerimaannya.

Supaya hal ini tidak terjadi, dengan kata lain supaya perubahan frekuensi pancaran dibatasi sekecil-kecilnya, maka perlu sekali diadakan perubahan pada bagian pembangkit frekuensi, dalam hal ini pada bagian oscilator pemancar.

Perbaikan stabilitas frekuensi ini diselenggarakan sebagai berikut:

Perbaikan Pada Stabilitas Pancaran Pada Oscilator Hartley

Banyaknya lilitan spul VFO harus diambil paling sedikit. Kemudian kapasitornya, yang parallel diambil besarnya. Kapasitor ini dibagi menjadi dua : satu yang tetap / fix dengan nilai besar, dan satu lagi yang variable dengan nilai yang sekecil-kecilnya.

Dengan demikian perubahan pada variable kondensator merupakan bagian yang kecil sekali dari jumlah lilitan keduan kapasitor itu.

Pemasangan spul VFOharus padat sekali untuk menahan setiap sentuhan atau tekanan. Sebaiknya spul itu ditutup dengan besiatau aluminium supaya udaranya yang berasal dari sekitarnya tidak menembus sampi ke spul-nya.

Perbaikan Pada Stabilitas Pancaran Pada Oscilator Hartley
Perbaikan Pada Stabilitas Pancaran Pada Oscilator Hartley

Ukuran alat-alat penetap frekuensi sebagai perbaikan stabilitas. Untuk pancaran frekuensi 3,5 Mc/s, spul L1 dan L2 ditetapkan sebagai berikut dibawah ini.

  • Jumlah L1 dan L2 = 17 lilitan pada tabung diambil 1 inch (1 inch = 25,4 mm) dengan panjang 1 1/8 Inch, L2 = 5 lilitan. Diameter dari kawat spul = 0,9 mm.
  • C1 =100 pF (variable kondensator),
  • C2 = 300 pF (mika),
  • C3 = 100 pF(mika),
  • R = 47 KiloOhm.

Perbaikan Yang kedua Bagian-bagian Oscilator VFO

Seluruh bentuk VFO dirubah. Oscilator sedemikian rupa disebut oscilator Colpitts:

Perbaikan Pada Stabilitas Pancaran Perbaikan Yang kedua Bagian-bagian Oscilator VFO
Perbaikan Pada Stabilitas Pancaran Perbaikan Yang kedua Bagian-bagian Oscilator VFO

Oscilator Colpitts mempunyai stabilitas yang lebih besar daripada oscilator Hartley. Oleh karenanya banyak yang digunakan oleh para amatir pada pesawat-pesawat pemancar radionya.

Perbaikan Stabilitas Ke 3

Stabilitas yang lebih baik, diperoleh dengan oscilator sistem Clapp, dimana variable kondensatornya tidak dihubungkan secara parallel dengan L, melainkan dihubungkan dalam sambungan secara seri.

Oscilator ini dapat juga dinamakan oscilator Colpitts series tuned, yaitu memang demikian halnya:

Perbaikan Stabilitas Ke 3

Nilai-nilai peralatan oscilator Clapp dapat disamakan dengan peralatan oscilator Colpitts.

Perbaikan Stabilator ke 4

Untuk setiap oscilator VFO, perubahan frekuensi dapat juga terjadi karena perubahan tegangan (potensial atau voltage) pada screen grid (kasa lindung) dari lampu tetroda atau pentode, apabila lampu-lampu itu digunakan untuk bagian oscilator.

Perubahan tegangan (voltage) dari screen grid berubahnya tegangan listrik PLN, naik turunnya selama pesawat pemancar radio itu dijalankan.

Untuk menghindarkan pengaruh tegangan listrik PLN ini, maka pada screen grid harus dilengkapidengan alat stabilisator yang berupa sebuahtahanan antara screen grid dengan chasis. Ingat kepada yang disebut bleeder pada rangkaian PSA.

Bleeder screen grid dalam bagian oscilator mempunyai tugas sebagai stabilisator voltage screen grid. Cara pemasangannya dimulai dari perlengkapan berikut:

Perbaikan Stabilator ke 4
Perbaikan Pada Stabilitas Pancaran Perbaikan Stabilator ke 4

Alat stabilisator tersebut bila dihubungkan dengan oscilator sistem Colpitts akan memberikan stabilitas yang cukupbesar.

Perbaikan Stabilitas Yang Ke 5

Berlaku untuk semua atau setiap VFO. Stabilitas frekuensi akan lebih sempurna bila alat stabilitasnya diganti dengan lampu voltage regulator (lampu VR):

Perbaikan Stabilitas Yang Ke 5
Perbaikan Pada Stabilitas Pancaran Perbaikan Stabilitas Yang Ke 5

Lampu VR itu mempunyai daya penetap yang lebih sempurna daripada sebuah tahanan, karena lampu itu bekerjanya dengan aliran emisikatodadan gas.

Perhatian bahwa lampu VR itu hanya bekerja sebagai stabilisator selama gasnya terlihat menyala dan memberikan warna ungu (violet). Apabila dalam penggunaan lampu itu tidak memberikan penyalaan, maka pemakaian dari lampu VR akan sia-sia.

Dengan penggunaan lampu VR itu keadaan voltage /potensial pada screen grid selalu akan tetap besarnya 150 Volt, walaupun keadaan voltage + PSA naik turun beberapa volt, asalkan sebagaimana yang diuraikan diatas dijaga jangan sampai padam bila lampu oscilator dalam keadaan bekerja.

Bahkan sebaiknya bila tahanan Rdapat diganti dengan tahanan (resistor) geser, dirubah-rubah tahanannya sehinggaVR terlihat manyala kecil terutama pada waktu lampu oscilator sedang bekerja dan menyala sedang, apabila oscilator tidak bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *